Ilustrasi |
CONTOH PROPOSAL
PENDIRIAN PERUSAHAAN MEDIA ELEKTRONIK TV LOKAL
“KABAR TV”
Diajukan untuk
memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah
Manajamen Media
Massa
Oleh :
Putri Syifa Z.A
1134050116
Jurnalistik V/C
ILMU KOMUNIKASI JURNALISTIK
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2015
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan
nikmat yang tak terhingga. Tidak lupa pula shalawat dan salam kami junjungkan
kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kedamaian dan rahmat untuk semesta
alam.
Dalam
kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah
membantu saya dalam menyusun proposal perusahaan ini. Proposal ini merupakan
langkah awal sebagai bentuk perencanaan untuk mendirikan sebuah perusahaan media
elektronik stasiun TV Lokal, “Koja TV”
Saya menyadari
bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami
mengharapkan kritikan dan saran yang membangun untuk ke depannya. Akhir kata
kepada Allahlah kita berlindung dan memohon ampunan. Semoga Allah memberikan
yang terbaik bagi kita semua.
Bandung, 14 Desember 2015
Tim Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang Perusahaan
Seiring perkembangan zaman, tak dapat dibantah
bahwa kemajuan media teknologi infomasi dan komunikasi perkembang sangat pesat.
Tak dapat dipungkiri media komunikasi modern saat ini tak terhitung jumlah,
ragam dan luasnya jangkauan itu sudah menjadi bagian dari hidup kita. Bahkan Setiap hari masyarakat diterpa dengan berbagai informasi. Arus informasi
datang dari berbagai bentuk media massa, mulai dari media cetak hingga
elektronik. Berbagai jenis dan nama media pun kian menjamur. Media cetak bisa
berbentuk surat kabar, majalah, tabloid, dan buletin. Masing-masing media ini
memiliki kelebihan, sehingga keberadaannya masih bisa kita lihat saat ini.
Terlebih dunia broadcasting khususnya
pertelevisian. Banyak bermunculan perusahaan pertelevisian swasta nasional yang
semakin bersaing. Program-program yang disajikan setiap stasiun televisi
bermacam-macam. Segmentasinyapun berbeda-beda sesuai dengan visi dan misi.
Belakangan ini banyak tayangan-tayangan televisi yang ditayangkan tidak sesuai
dengan visi dan misi. Tayangan yang disajikan saat ini sangat meresahkan
mengingat banyak pengaruh negative di dalamnya. Segmentasi program yang
diperuntukan bagi kalangan remaja justru tidak edukatif. Oleh karena itu, kami
bermaksud mendirikan stasiun televisi yang segmentasinya semua usia namun
disesuaikan dengan program tayangan dan waktu penayangan. Stasiun televisi yang
kami dirikan bernama KABAR TV yang singkata dari KARAWANG BARAT TV. Segmentasi
program pada dunia perfilman, namun program dikemas dengan cara menghibur namun
juga informatif serta edukatif. Hal ini menjadi landasan utama didirikannya KABAR
TV dengan program-program unggulannya yang mampu bersaing di dunia
pertelevisian Indonesia sekaligus memiliki rating yang tinggi.
Kehadiran televisi lokal di Karawang, diharapkan mampu
menjadi penyeimbang atas arus penyiaran TV swasta nasional. Terutama memberikan
informasi positif serta mengangkat budaya lokal yang yang selama ini cenderung
terabaikan oleh televisi swasta nasional.
b.
Dasar Hukum Pendirian
Dasar hukum dalam Pendirian stasiun “Kabar TV”
lokal diatur dalam Peraturan Menteri Penerangan RI nomor 01/Per/Menpen/1984
tentang Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP).
c.
Maksud dan Tujuan Pendirian
Dengan medirikannya stasiun “Kabar TV”, kami berupaya untuk menyebarkan
informasi melalui media televisi Kabar TV dengan latar belakang sebagai
berikut:
Media elektronik mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam berbagai sendi
kehidupan terutama untuk
anak-anak remaja.
Memberikan
informasi, pendidikan serta hiburan yang sehat.
Dan untuk
memajukan daerah tidak tertinggal dalam memperoleh informasi.
Menjadi
inspiratif bagi masyarakat sekitar terutama bagi kaum muda.
Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menyebarkan informasi secara cepat dan terpercaya dengan menggunakan media televisi sehingga bisa tersebar secara
luas kepada masyarakat. Maka pendirian Televisi lokal ini bertujuan untuk :
Ø Menumbuhkan semangat dan kecintaan terhadap pentingnya informasi yang islami.
Ø Memenuhi kebutuhan informasi yang bermanfaat, mendidik serta menghibur bagi
kehidupannya di dunia.
Ø Menyampaikan dan menjelaskan informasi secara hikmah dan bijaksana serta terpercaya.
d.
Visi, Misi dan Tujuan
VISI : Menjadi
stasiun televisi yang mampu menyiarkan program-program berkualitas yang
menghibur dan sekaligus mendidik.
MISI :
§ Menyajikan
tayangan televisi yang informatif, dan islami.
§ Menyajikan
tayangan yang dapat menghibur semua lapisan masyarakat.
§ Memberikan
nilai-nilai pendidikan melalui program yang ditayangkan.
TUJUAN : Untuk Menambah
wawasan dan pengetahuan khususnya dalam dunia perfilman. - Menyajikan tayangan
yang positif sesuai dengan segmentasi audiens setiap program. - Sebagai sarana
penyalur informasi mendidik dan menghibur yang islamiah.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Badan
Usaha
a. Legalitas Pendirian Perusahaan
Legalitas Perusahaan adalah Perusahaan yang
telah dan telah mengantongi surat perizinnan. Dalam pendirian Kabar TV ini,
Perusahaan Kabar TV dapat mengajukan Permohonan SIUPP adalah perusahaan pers
yang akta pendiriannya memuat ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam
Peraturan Menteri Penerangan RI Nomor 01/Per/Menpen/1984 tentang Surat Izin
Usaha Penerbitan Pers.
b. Bentuk Perusahaan
Kabar TV merupakan suatu Perusahaan Media
Elektronik Televisi Publik dengan program penyiaran News (Salam pagi, Update Kabar),
Talkshow (Ini Kabar, cerita perjuangan), Rohani Muslim, Musik dan Sinetron.
c.
Kepemilikan
dan Permodalan Perusahaan
A. Nama Perusahaan : Karawang Barat TV (Kabar TV)
Alamat Perusahaan : Jl. Raya Rengasdengklok No. 1 Rengasdengklok, Karawang.
No.Telp : (0267) 222 17 445
Slogan : Satu
untuk Kota Perjuangan
B. Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik : Putri Syifa Z.A
Alamat Pemilik : Jl. Raya Bolang No. 86, Tirtajaya, Karawang.
No.Telp : 089670756636
No
|
Deskripsi
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Pembangunan
Gedung
|
2 Hektar
|
200.000.000
|
400.000.000
|
|
a. Tanah
|
1200 Sak
|
-
|
120.000.000
|
||
b. Semen
|
150 truk
|
100.0000
|
375.000.000
|
||
c. Pasir
|
100 truk
|
250.000
|
50.000.000
|
||
d. Batubata
|
300 buah
|
500.000
|
90.000.000
|
||
e. Besi
Rangka
|
650 meter
|
30.000
|
650.000.000
|
||
f. Kaca
|
100.000
|
||||
g. Atap
Gedung
|
100.000.000
|
||||
h. Dan
lain-lain
|
100.000.000
|
||||
2.
|
Pengadaan Tempat (lokasi) Pemancar
dan Menara
|
1
|
30.000.000
|
30.000.000
|
Kanal UHF 300 Watt, Kabel dan
Antena
|
3.
|
Perizinan
|
-
|
-
|
-
|
Gratis (Berdasarkan Undang-Undang
No 32 Tahun 2002, pasal 14 ayat 5 dan 6 beserta PP No 11 tahun 2005)
|
4.
|
Peralatan Studio
|
||||
a.
Video Mixer
|
2
|
11.000.000
|
22.0000.000
|
Ediroll V.4
|
|
b.
Audio Microphone
|
3
|
100.000
|
300.000
|
Clip On Microphone
|
|
c.
Camera and Tripod
|
4
2
|
30.000.000
3.000.0000
|
120.000.000
6.000.000
|
Camera Canon XL-2
Seri Benghinger
|
|
d.
Manajemen Perusahaan
Adapun orang-orang yang terlibat dalam perusahaan media
elektronik TV adalah sebagai berikut.
·
Pemimpin Umum (Top Manager) adalah
orang pertama dalam perusahaan Kabar TV yang mengendalikan perusahaan RDK TV.
·
Pemimpin Redaksi adalah orang yang
bertanggung jawab terhadap semua isi penerbitan Kabar TV.
·
Sekretaris Redaksi adalah orang yang
membntu pemimpin redaksi dalam administrasi keredaksionalan.
·
Redaktur Pelaksana (managing editor) adalah jabatan yang
dibentuk untuk membantu pemimpin keredaksionalannya.
·
Wartawan
2.
Aspek
Teknis
a.
Saluran
frekuensi/kanal
Saluran
b.
Tata
Ruang; Gedung dan Penempatan Peralatan
c.
Sarana
dan Prasarana
d. Spesifikasi Teknis
3. Aspek Program
a. Segmentasi Target Sasaran/Khalayak
Semua
masyarakat kabupaten Karawang Barat, baik dari
iklim ekonomi menengah, atas maupun iklim ekonomi bawah. Baik Dewasa, remaja, anak-anak, dan semua umur tentunya sesuai dengan kriteria program acara.
b. Karakteristik Siaran
c. Format dan Komposisi Siaran
d. Jadwal dan Pola acara Siaran
4. Aspek Keuangan
a. Proyeksi Pendapatan Iklan
b. Analisis Rasio
c.
Maintenaince
Pemeliharaan
atau Maintenance merupakan tanggung jawab setiap pimpinan. Pemeliharaan SDM
yang disertai dengan ganjaran (reward system) akan berpengaruh terhadap
jalannya organisasi. Tujuan utama dari pemeliharaan adalah untuk membuat orang
yang ada dalam organisasi betah dan bertahan, serta dapat berperan secara
optimal. Sumber daya manusia yang tidak terpelihara dan merasa tidak memperoleh
ganjaran atau imbalan yang wajar, dapat mendorong pekerja tersebut keluar dari
organisasi atau bekerja tidak optimal. Pemeliharaan SDM pada dasarnya untuk
memperhatikan dan mempertimbangkan secara seksama hakikat manusianya. Manusia
memiliki persamaan disamping perbedaan, manusia mempunyai kepribadian,
mempunyai rasa, karya, karsa dan cipta. Manusia mempunyai kepentingan,
kebutuhan, keinginan, kehendak dan kemampuan, dan manusia juga mempunyai harga
diri. Hal-hal tersebut di atas harus menjadi perhatian pimpinan dalam manajemen
SDM. Pemeliharaan SDM perlu diimbangi dengan sistem ganjaran (reward system),
baik yang berupa finansial, seperti gaji, tunjangan, maupun yang bersifat
material seperti; fasilitas kendaraan, perubahan, pengobatan, dll dan juga
berupa immaterial sepert: kesempatan untuk pendidikan dan pelatihan, dan
lain-lain. Pemeliharaan dengan sistem ganjaran ini diharapkan dapat membawa
pengaruh terhadap tingkat prestasi dan produktitas kerja.
d. Development Staff
Development
(pengembangan). Pengembangan Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia yang ada
didalam suatu organisasi perlu pengembangan sampai pada taraf tertentu sesuai
dengan perkembangan organisasi. Apabila organisasi ingin berkembang yang
diikuti oleh pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia
ini dapat dilaksanakan melalui pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan.
Pendidikan dan pelatihan merupakan upaya untuk pengembangaan SDM, terutama
untuk pengembangan kemampuan intelektual dan kepribadian. Pendidikan pada
umumnya berkaitan dengan mempersiapkan calon tenaga yang digunakan oleh suatu
organisasi, sedangkan pelatihan lebih berkaitan dengan peningkatan kemampuan
atau keterampilan pekerja yang sudah menduduki suatu jabatan atau tugas
tertentu.
e. Dana Operasional
DAFTAR PUSTAKA
Djuroto, Totok. Manajemen Penerbitan
Pers. 2002. Remaja Rosdakarya. Bandung. 2002
Pawit, M Yusuf. Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan. Bumi Aksara. Jakarta.
2009.
http://manrohblog.blogspot.co.id/2013/04/contoh-proposal-tv_4963.html
(di akses pada: 13 Desember 2015)
0 Comment for "Contoh Proposal Pendirian Media Elektronik (Televisi)"