"Read, Understand and Share"

Contoh Proposal Pendirian Media Elektronik (Televisi)

CONTOH PROPOSAL MEDIA TELEVISI
Ilustrasi
CONTOH PROPOSAL
PENDIRIAN PERUSAHAAN MEDIA ELEKTRONIK TV LOKAL
“KABAR TV”
Diajukan untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah
Manajamen Media Massa













Oleh :
Putri Syifa Z.A
1134050116
Jurnalistik V/C

ILMU KOMUNIKASI JURNALISTIK
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2015


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan nikmat yang tak terhingga. Tidak lupa pula shalawat dan salam kami junjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kedamaian dan rahmat untuk semesta alam.
Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu saya dalam menyusun proposal perusahaan ini. Proposal ini merupakan langkah awal sebagai bentuk perencanaan untuk mendirikan sebuah perusahaan media elektronik stasiun TV Lokal, “Koja TV”
Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritikan dan saran yang membangun untuk ke depannya. Akhir kata kepada Allahlah kita berlindung dan memohon ampunan. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kita semua.


Bandung, 14  Desember 2015
                                                                             


Tim Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
a.                 Latar Belakang Perusahaan
Seiring perkembangan zaman, tak dapat dibantah bahwa kemajuan media teknologi infomasi dan komunikasi perkembang sangat pesat. Tak dapat dipungkiri media komunikasi modern saat ini tak terhitung jumlah, ragam dan luasnya jangkauan itu sudah menjadi bagian dari hidup kita. Bahkan Setiap hari masyarakat diterpa dengan berbagai informasi. Arus informasi datang dari berbagai bentuk media massa, mulai dari media cetak hingga elektronik. Berbagai jenis dan nama media pun kian menjamur. Media cetak bisa berbentuk surat kabar, majalah, tabloid, dan buletin. Masing-masing media ini memiliki kelebihan, sehingga keberadaannya masih bisa kita lihat saat ini.
 Terlebih dunia broadcasting khususnya pertelevisian. Banyak bermunculan perusahaan pertelevisian swasta nasional yang semakin bersaing. Program-program yang disajikan setiap stasiun televisi bermacam-macam. Segmentasinyapun berbeda-beda sesuai dengan visi dan misi. Belakangan ini banyak tayangan-tayangan televisi yang ditayangkan tidak sesuai dengan visi dan misi. Tayangan yang disajikan saat ini sangat meresahkan mengingat banyak pengaruh negative di dalamnya. Segmentasi program yang diperuntukan bagi kalangan remaja justru tidak edukatif. Oleh karena itu, kami bermaksud mendirikan stasiun televisi yang segmentasinya semua usia namun disesuaikan dengan program tayangan dan waktu penayangan. Stasiun televisi yang kami dirikan bernama KABAR TV yang singkata dari KARAWANG BARAT TV. Segmentasi program pada dunia perfilman, namun program dikemas dengan cara menghibur namun juga informatif serta edukatif. Hal ini menjadi landasan utama didirikannya KABAR TV dengan program-program unggulannya yang mampu bersaing di dunia pertelevisian Indonesia sekaligus memiliki rating yang tinggi. Kehadiran televisi lokal di Karawang, diharapkan mampu menjadi penyeimbang atas arus penyiaran TV swasta nasional. Terutama memberikan informasi positif serta mengangkat budaya lokal yang yang selama ini cenderung terabaikan oleh televisi swasta nasional.

b.                 Dasar Hukum Pendirian
Dasar hukum dalam Pendirian stasiun “Kabar TV” lokal diatur dalam Peraturan Menteri Penerangan RI nomor 01/Per/Menpen/1984 tentang Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP).

c.                  Maksud dan Tujuan Pendirian
Dengan medirikannya stasiun “Kabar TV”, kami berupaya untuk menyebarkan informasi melalui media televisi Kabar TV dengan latar belakang sebagai berikut:
*      Media elektronik mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam berbagai sendi kehidupan terutama untuk anak-anak remaja.
*      Memberikan informasi, pendidikan serta hiburan yang sehat.
*      Dan untuk memajukan daerah tidak tertinggal dalam memperoleh informasi.
*      Menjadi inspiratif bagi masyarakat sekitar terutama bagi kaum muda.

Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menyebarkan informasi secara cepat dan terpercaya dengan menggunakan media televisi sehingga bisa tersebar secara luas kepada masyarakat. Maka pendirian Televisi lokal ini bertujuan untuk :
Ø  Menumbuhkan semangat dan kecintaan terhadap pentingnya informasi yang islami.
Ø  Memenuhi kebutuhan informasi yang bermanfaat, mendidik serta menghibur bagi kehidupannya di dunia.
Ø  Menyampaikan dan menjelaskan informasi secara hikmah dan bijaksana serta terpercaya.

d.                 Visi, Misi dan Tujuan
VISI      : Menjadi stasiun televisi yang mampu menyiarkan program-program berkualitas yang menghibur dan sekaligus mendidik.
MISI     :
§  Menyajikan tayangan televisi yang informatif, dan islami.
§  Menyajikan tayangan yang dapat menghibur semua lapisan masyarakat.
§  Memberikan nilai-nilai pendidikan melalui program yang ditayangkan. 

TUJUAN : Untuk Menambah wawasan dan pengetahuan khususnya dalam dunia perfilman. - Menyajikan tayangan yang positif sesuai dengan segmentasi audiens setiap program. - Sebagai sarana penyalur informasi mendidik dan menghibur yang islamiah.

BAB II
PEMBAHASAN
1.  Badan Usaha
a.       Legalitas Pendirian Perusahaan
Legalitas Perusahaan adalah Perusahaan yang telah dan telah mengantongi surat perizinnan. Dalam pendirian Kabar TV ini, Perusahaan Kabar TV dapat mengajukan Permohonan SIUPP adalah perusahaan pers yang akta pendiriannya memuat ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Peraturan Menteri Penerangan RI Nomor 01/Per/Menpen/1984 tentang Surat Izin Usaha Penerbitan Pers.

b.       Bentuk Perusahaan
Kabar TV merupakan suatu Perusahaan Media Elektronik Televisi Publik dengan program penyiaran News (Salam pagi, Update Kabar), Talkshow (Ini Kabar, cerita perjuangan), Rohani Muslim, Musik dan Sinetron.

c.                  Kepemilikan dan Permodalan Perusahaan
A.     Nama Perusahaan      : Karawang Barat TV (Kabar TV)
Alamat Perusahaan    : Jl. Raya Rengasdengklok No. 1 Rengasdengklok, Karawang.
No.Telp                        :  (0267) 222 17 445
Email                           : kabartv@gmail.com
Website                       : www.kabartv.ac.id
Slogan                         : Satu untuk Kota Perjuangan
B.      Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik             : Putri Syifa Z.A
Alamat Pemilik           : Jl. Raya Bolang No. 86, Tirtajaya, Karawang.
No.Telp                        : 089670756636



No
Deskripsi
Jumlah Barang
Harga
Jumlah
Keterangan
1.
Pembangunan
Gedung
2 Hektar
200.000.000
400.000.000


a.       Tanah
1200 Sak
-
120.000.000


b.      Semen
150 truk
100.0000
375.000.000


c.       Pasir
100 truk
250.000
50.000.000


d.      Batubata
300 buah
500.000
90.000.000


e.       Besi Rangka
650 meter
30.000
650.000.000


f.       Kaca

100.000



g.      Atap Gedung


100.000.000


h.      Dan lain-lain


100.000.000

2.
Pengadaan Tempat (lokasi) Pemancar dan Menara
1
30.000.000
30.000.000
Kanal UHF 300 Watt, Kabel dan Antena
3.

Perizinan
-
-
-
Gratis (Berdasarkan Undang-Undang No 32 Tahun 2002, pasal 14 ayat 5 dan 6 beserta PP No 11 tahun 2005)
4.
Peralatan Studio





a.       Video Mixer
2
11.000.000
22.0000.000
Ediroll V.4

b.      Audio Microphone
3
100.000
300.000
Clip On Microphone

c.       Camera and Tripod
4
2
30.000.000
3.000.0000
120.000.000
6.000.000
Camera Canon XL-2
Seri Benghinger



















d.                 Manajemen Perusahaan
Adapun orang-orang yang terlibat dalam perusahaan media elektronik TV adalah sebagai berikut.
·         Pemimpin Umum (Top Manager) adalah orang pertama dalam perusahaan Kabar TV yang mengendalikan perusahaan RDK TV.
·         Pemimpin Redaksi adalah orang yang bertanggung jawab terhadap semua isi penerbitan Kabar TV.
·         Sekretaris Redaksi adalah orang yang membntu pemimpin redaksi dalam administrasi keredaksionalan.
·         Redaktur Pelaksana (managing editor) adalah jabatan yang dibentuk untuk membantu pemimpin keredaksionalannya.
·         Wartawan

2.                 Aspek Teknis
a.                 Saluran frekuensi/kanal
Saluran


b.                 Tata Ruang; Gedung dan Penempatan Peralatan
c.                  Sarana dan Prasarana

d.     Spesifikasi Teknis

3.     Aspek Program
a.     Segmentasi Target Sasaran/Khalayak
Semua masyarakat kabupaten Karawang Barat, baik dari iklim ekonomi menengah, atas maupun iklim ekonomi bawah. Baik Dewasa, remaja, anak-anak, dan semua umur tentunya sesuai dengan kriteria program acara.

b.     Karakteristik Siaran
c.      Format dan Komposisi Siaran
d.     Jadwal dan Pola acara Siaran

4.     Aspek Keuangan
a.     Proyeksi Pendapatan Iklan
b.     Analisis Rasio
c.                  Maintenaince
Pemeliharaan atau Maintenance merupakan tanggung jawab setiap pimpinan. Pemeliharaan SDM yang disertai dengan ganjaran (reward system) akan berpengaruh terhadap jalannya organisasi. Tujuan utama dari pemeliharaan adalah untuk membuat orang yang ada dalam organisasi betah dan bertahan, serta dapat berperan secara optimal. Sumber daya manusia yang tidak terpelihara dan merasa tidak memperoleh ganjaran atau imbalan yang wajar, dapat mendorong pekerja tersebut keluar dari organisasi atau bekerja tidak optimal. Pemeliharaan SDM pada dasarnya untuk memperhatikan dan mempertimbangkan secara seksama hakikat manusianya. Manusia memiliki persamaan disamping perbedaan, manusia mempunyai kepribadian, mempunyai rasa, karya, karsa dan cipta. Manusia mempunyai kepentingan, kebutuhan, keinginan, kehendak dan kemampuan, dan manusia juga mempunyai harga diri. Hal-hal tersebut di atas harus menjadi perhatian pimpinan dalam manajemen SDM. Pemeliharaan SDM perlu diimbangi dengan sistem ganjaran (reward system), baik yang berupa finansial, seperti gaji, tunjangan, maupun yang bersifat material seperti; fasilitas kendaraan, perubahan, pengobatan, dll dan juga berupa immaterial sepert: kesempatan untuk pendidikan dan pelatihan, dan lain-lain. Pemeliharaan dengan sistem ganjaran ini diharapkan dapat membawa pengaruh terhadap tingkat prestasi dan produktitas kerja.
d.     Development Staff
Development (pengembangan). Pengembangan Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia yang ada didalam suatu organisasi perlu pengembangan sampai pada taraf tertentu sesuai dengan perkembangan organisasi. Apabila organisasi ingin berkembang yang diikuti oleh pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia ini dapat dilaksanakan melalui pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan. Pendidikan dan pelatihan merupakan upaya untuk pengembangaan SDM, terutama untuk pengembangan kemampuan intelektual dan kepribadian. Pendidikan pada umumnya berkaitan dengan mempersiapkan calon tenaga yang digunakan oleh suatu organisasi, sedangkan pelatihan lebih berkaitan dengan peningkatan kemampuan atau keterampilan pekerja yang sudah menduduki suatu jabatan atau tugas tertentu.
e.     Dana Operasional




DAFTAR PUSTAKA
Djuroto, Totok. Manajemen Penerbitan Pers. 2002. Remaja Rosdakarya. Bandung. 2002
Pawit, M Yusuf.  Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan. Bumi Aksara. Jakarta. 2009.

0 Comment for "Contoh Proposal Pendirian Media Elektronik (Televisi)"

Back To Top