"Read, Understand and Share"

Factor-faktor yang mempengaruhi keefektifan komunikasi


Factor-faktor yang mempengaruhi keefektifan komunikasi

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang berhasil mempengaruhi komunikan dan sesuai dengann tujuan yang diharapkan.

1.       Komunikator
a.       Source Credibility (kepercayaan terhadap komunikator) adalah seseorang yang ahli (status social, dibidang ia katakana, atau profesi) sesuai dengan tingkatannya.
b.      Source attractiveness (komunikator memiliki daya Tarik)

2.       Pesan
a.       Pesan harus dirancang sedemikian rupa (pesannya yang dapat dipahami & dimengerti), sehingga menarik perhatian komunikan.
b.      Pesan harus menggunakan lambang-lambang (verbal, nonverbal, tulis atau lisan) tertuju padapengalam yang sama antara komunikator dengan komunikan.
c.       Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan & meyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
d.      Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan yang layak bagi kelompok dimana komunikan berada.

3.       Komunikan
Ditinjau dari segi komunikan, seseorang dapat menerima pesan dengan baik, kalua terdapat empat kondisi berikut secara stimulantan.
a.   Ia dapat benar-benar mengerti pesan komunikasi
b.  Pada saat ia mengambil keputusan, ia sadar bahwa keputusan itu sesuai dengan tujuannya.
c. Pada saat mengambil keputusan, ia sadar keputusan itu sesusai dengan kepentingan pribadi.
d. Ia mampu menempati pesan secara fisik & mental.



Komunikator (know your audience) juga harus memperhatikan hal-hal berikut pada saat menyampaikan pesan.
a.       Timing & tempat yang tepat untuk satu pesan
b.      Bahasa yang digunakan mudah dimengerti
c.       Sikap & nilai yang harus ditampilkan
d.      Jenis kelompok dimana komunikasi dilaksanan.

0 Comment for "Factor-faktor yang mempengaruhi keefektifan komunikasi"

Back To Top