Factor-faktor yang mempengaruhi
keefektifan komunikasi
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang
berhasil mempengaruhi komunikan dan sesuai dengann tujuan yang diharapkan.
1.
Komunikator
a.
Source
Credibility (kepercayaan terhadap komunikator) adalah seseorang yang ahli
(status social, dibidang ia katakana, atau profesi) sesuai dengan tingkatannya.
b.
Source
attractiveness (komunikator memiliki daya Tarik)
2.
Pesan
a.
Pesan
harus dirancang sedemikian rupa (pesannya yang dapat dipahami &
dimengerti), sehingga menarik perhatian komunikan.
b.
Pesan
harus menggunakan lambang-lambang (verbal, nonverbal, tulis atau lisan) tertuju
padapengalam yang sama antara komunikator dengan komunikan.
c.
Pesan
harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan & meyarankan beberapa cara
untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
d.
Pesan
harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan yang layak bagi
kelompok dimana komunikan berada.
3.
Komunikan
Ditinjau dari segi komunikan, seseorang dapat
menerima pesan dengan baik, kalua terdapat empat kondisi berikut secara
stimulantan.
a. Ia dapat
benar-benar mengerti pesan komunikasi
b. Pada saat
ia mengambil keputusan, ia sadar bahwa keputusan itu sesuai dengan tujuannya.
c. Pada saat mengambil keputusan, ia sadar keputusan itu sesusai dengan kepentingan pribadi.
d. Ia mampu menempati pesan secara fisik & mental.
c. Pada saat mengambil keputusan, ia sadar keputusan itu sesusai dengan kepentingan pribadi.
d. Ia mampu menempati pesan secara fisik & mental.
Komunikator (know your
audience) juga harus memperhatikan hal-hal berikut pada saat menyampaikan
pesan.
a.
Timing
& tempat yang tepat untuk satu pesan
b.
Bahasa
yang digunakan mudah dimengerti
c.
Sikap
& nilai yang harus ditampilkan
d.
Jenis
kelompok dimana komunikasi dilaksanan.
0 Comment for "Factor-faktor yang mempengaruhi keefektifan komunikasi"